Perkembangan Musik Dunia

Menitik Perbedaan Abad Pertengahan dengan Renaissance

Sebagai bagian langsung dari banyaknya sebuah kategori dalam dunia musik bisa mengetahui perbedaan antara musik abad pertengahan dan juga Renaissance bisa berguna langsung bagi kalian jika jauh lebih tertarik pada dunia musik yang ada. Sedangkan untuk musik sendiri sebagai sebuah fenomena Universal dan memiliki asal-usul dalam setiap budaya dan peradaban. Disini ada juga jutaan orang yang menyukai langsung musik dengan beberapa lainnya menjadi pendengar yang baik dan beberapa diantaranya menjadi pemain musik, dan beberapa diantaranya menjadi penggemar musik akan tren, sejarah dan evaluasinya. 

Bagi para penggemar musik dan juga sejarah serta evolusinya, maka mempelajari adanya tentang mereka bisa dari segalanya. Para penggemar ini bisa mencari sejarah musik dan evolusi, jadi sangat amat penting untuk memiliki pengetahuan tentang berbagai macam era musik dengan sebuah perspektif Kronologis. Omong-omong mengenai artikel yang satu ini, maka dalam hal ini saya akan langsung menyajikan tentang informasi dari 2 era musik yakni Abad Pertengahan dan juga abad Renaissance atau musik barat dan juga upaya untuk menganalisis perbedaan diantara keduanya. 

Melihat Apa Itu Musik Abad Pertengahan 

Istilah yang disebut langsung dengan musik abad pertengahan bisa berbicara langsung mengenai musik yang sudah langsung ditulis dan juga digubah selama era yang sudah disebut pada abad pertengahan tersebut. Dimulai dari 500 C sampai dengan 1400 C. Abad pertengahan bisa dimulai langsung dengan pembusukan dan juga kejatuhan dari kekaisaran Romawi. Musik pada abad yang satu ini, memiliki sifat sekuler dan juga sakral pada saat waktu yang sama dan itu juga dalam bentuk yang terutama sekali Monofonik.

Nyanyian Polifonik yang kemudian bisa dkembangkan dan juga musik pada abad pertengahan sebelumnya  tidak memiliki sistem notasi tertentu. Sehingga, tradisi lisan ini bisa mentransmisikan akan lagu-lagu Monofonik. Kemudian, musisi abad pertengahan ini bisa mengembangkan adanya gaya notasi yang disebut dengan Neumes. Yang mana paling penting di abad pertengahan berbicara tentang tandingan yang dikembangkan langsung oleh Organum. Ini sebuah melodi yang memang sederhana dengan setidaknya satu suara dalam mempertahankan harmoni. Sejumlah besar musik yang ditulis pada era abad pertengahan adalah sebuah Anonim. 

Perbedaan Musik Abad Pertengahan dengan Renaissance 

1.1 Abad Pertengahan ada langsung dari 500 C AD sampai dengan 1400 C AD. sedangkan untuk Musik Renaissance sendiri ada dari 1400 C AD sampai dengan 1600 C AD.

1.2 Abad Pertengahan bisa sebagian besar sangat sederhana yang mula-mula Monofonik dan kemudian bisa berkembang langsung menjadi Polifonik. Sedangkan untuk Musik Renaissance sendiri sebagian besarnya adalah melodi yang ringan. 

1.3 Musik pada abad pertengahan tak hanya memiliki sistem notasi yang sebelumnya bisa dalam menulis musik. Sebab itulah, hal ini langsung saja ditransmisikan secara lisan. Sedangkan untuk Renaissance sendiri mendukung penemuan Fugues dan ini semua dengan sangat jelas menunjukkan tentang sistem Notasi. 

1.4 Musik Abad pertengahan yang sebagian besar hanya saja pada vokal sedangkan untuk musik Renaissance sendiri bersifat dengan Instrumental dan Vokal, Seruling, Kecapi, Biola menjadi beberapa alat musik sebagai instrumen yang telah digunakan. 

1.5 Abad Pertengahan sudah menjadi awal dari masuknya sejarah musik sementara untuk kebangkitan dari adanya pengembangannya ke beberapa tingkatan baru dengan lebih banyak komposer yang ada di era itu. 

Dilihat langsung pada perbedaan-perbedaan ini, sangat Komprehensif bahwa musik abad pertengahan dan juga renaissance berbeda satu dengan yang lainnya adalah pengembangan musik pada abad pertengahan. 

Melihat Faktor dari Tumbuhnya Musik Renaissance 

1.1 Timbulnya langsung pada kota-kota dagang yang sangat makmur akibat pada perdagangan yang mengubah perasaan pesimistis akan zaman abad pertengahan menjadi langsung optimis. 

1.2 Dukungan langsung dari keluarga saudagar kaya yang semakin menggelorakan semangat dari Renaissance sehingga bisa menyebar keseluruh Italia dan juga Eropa. 

1.3 Sebagai gerakan kultural, awalnya sendiri menjadi pembaharuan di bidang Kejiwaan, lalu kemasyarakatan dan juga kegerejaan di Italia pada abad pertengahan yakni abad XIV. berakarnya langsung pada cita-cita ksatria di abad pertengahan yang menginginkan adanya kemewahan, kemegahan, keperkasaan dan juga kemasyuran yang semuanya mereka sintesakan pada gagasan Kristiani dengan pemikiran Klasik dari yunani – Romawi. 

Fungsi dan Manfaat Renaissance 

Musik di zaman ini bisa digunakan sebagai ibadah bagi umat Kristen dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan akan kemuliaan Tuhan yang tidak dibatasi oleh bahasa Manusia. Lalu ada juga tentang acara adat, acara kerajaan, dan terakhir untuk pengiring dalam sebuah pesta atau kerajaan. 

Lalu manfaat musik yang ada adalah dengan adanya Nyanyian pembangkit jiwa yang biasanya langsung saja diselenggarakan di gereja-gereja pada abad pertengahan dahulu. Selain itu, musik Renaissance ini bisa memuji Tuhan sangat boleh digunakan dalam ibadah namun Jemaat harus bisa dipersiapkan dan dididik untuk mengerti musik-musik tersebut. Dan Musik Renaissance bisa dipakai sebagai sarana beribadah umat kristiani dengan lanjutan memuji Kristus. 

Ciri-Ciri dari Musik yang Ada 

1.1 Menjadi music Eropa Barat yang langsung berkembangkan pada masa Renaissance dari sebuah zaman yang berkisar dari awal abad ke 14 dan sampai pada abad ke-17. 

1.2 Bisa bermula langsung di negara italia yakni pada akhir abad pertengahan dan menjalar langsung ke seluruh Eropa dan bisa berkembang dengan pesat daripada musik Poliphoni.

1.3 Sebuah lagu Choral secara Pikal bisa memiliki 4,5 atau 6 suara dengan interest Melodi sejajar, dan masing-masing suara yang ada memiliki tema melodi yang sama dan muncul bergantian sebagaimana musik jenis Kanon. 

1.4 Memiliki sebuah tema Istana Sentris atau sebuah Kerajaan. 

1.5 Jauh lebih mementingkan musik dari Vokal ketimbang dari musik Instrumen. 

1.6 sebagian banyak musik Renaissance penggunaan Interval Ketiga sebagai konsonan yang merupakan sebuah Idiom atau juga kebiasaan musik yang bisa digemari pada awal zaman Renaissance terdengar sangat santai dikarenakan sudah stabil dan kaya akan harmoni. 

Para Tokoh atau Komposer Musik Renaissance 

  1. Tokoh bernama Thomas Tallis tahun 1510 sampai dengan 1585
  2. Tokoh bernama Josquin Des Prez tahun 1440 sampai dengan 1521
  3. Tokoh bernama Pierre de La Rue tahun 1460 sampai dengan 1518
  4. Tokoh bernama Claudio Monteverdi tahun 1567 sampai dengan 1643
  5. Tokoh bernama Giovanni Gabrieli tahun 1553 sampai dengan 1612

Jadi bisa disimpulkan juga untuk musik Renaissance ini sendiri adalah music Eropa Barat yang berkembang langsung pada masa Renaissance di antara tahun 1400 sampai dengan tahun 1600. Ya untuk musisi kini jauh lebih mementingkan music vokal dibanding langsung dengan music Instrumen. Musik ini sendiri sebagai fungsi Hiburan juga bisa sebagai fungsi ibadah, acara kerajaan dan masih banyak lagi yang lainnya.