Perkembangan Musik Dunia

Musisi Indie Indonesia yang Populer Saat Ini

Kehadiran dari musisi indie yang sekarang ini sudah mulai diterima oleh masyarakat Indonesia. Alunan musik yang sudah ditawarkannya pun mampu memberikan sebuah kesan tersendiri yang ada bagi para pecinta musik yang ada di Indonesia. Alhasil, banyak musisi indie yang berkualitas di Indonesia menghasilkan sebuah karya-karya yang membuat orang-orang kemudian larut dan terpukau sampai saat ini.

Pergerakan dari musik indie sekarang ini sudah cukup lama bergema di Indonesia. Genre yang juga sekarang berhasil menghasilkan banyak musisi-musisi dengan karya hebat serta kemampuan andal yang biasanya seringkali tidak terlalu dikenal di negeri sendiri. Indie ini sendiri yang merupakan sebuah kependekan dari independen, yang artinya lebih mandiri. Maksudnya, dari musisi-musisi indie yang mampu mengerjakan semuanya yaitu dengan cara mandiri, mulai dari proses pembuatan lagu hingga proses pemasaran yang mereka lakukan.

Musisi Indie Indonesia yang Populer Saat Ini

Ada begitu banyak musisi indie yang berkualitas yang ada di Indonesia yang sudah berhasil menghasilkan lagu-lagu yang tidak anda ketahui dan lagu tersebut bisa membuat anda larut dan kemudian bisa membuat anda nantinya larut dan kemudian terpukau akan bakat-bakat mereka. Nah, beberapa karya musisi indie yang IDN Times kumpulkan ini dapat membangkitkan sebuah sisi nasionalisme di dalam diri anda untuk lebih menghargai berbagai karya dari negeri sendiri.

Danilla

Nama Danilla mungkin sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi para penikmat musik Indie yang ada di Indonesia. Hingga kini, musisi yang bernama lengkap Danilla Jelita Poetri Riyadi ini menjadi salah satu musisi indie yang sudah berhasil mengeluarkan 2 album yakni adalah “Telisik (2014)” dan “Lintasan Waktu (2017)”. Selain itu Danila juga membuat sebuah single bersama dengan teman-teman musisi yang lainnya dengan nama 3 Dara.

SORE

SORE adalah merupakan salah satu band indie yang beraliran pop asal Jakarta. Semua personil band Sore kidal sehingga memainkan alat-alat musik dengan menggunakan tangan kiri. Terakhir, Sore merilis single terbaru mereka yang berjudul “Rubber Song” yang juga berkolaborasi dengan penyanyi Vira Talisa. SORE merupakan salah satu band indie yang muncul di belantika musik Indonesia. Band ini pun mulai dikenal oleh banyak para pecinta musik, karna genre musik yang diusung oleh band ini.

The Adams

The Adams merupakan salah satu dari band indie yang namanya juga sudah sangat terkenal di belantika musik Indonesia sebagai Band Indie.
Band indie ini adalah sebuah band yang merupakan asal dari Jakarta. Mereka menyebut aliran musik yang mereka usung yaitu adalah power pop.

Setelah hampir 13 tahun, band yang telah digawangi oleh Ario Hendarwan sebagai vocal/gitar, Saleh Husein alias Ale sebagai yang merupakan gitar, Gigih Suryoprayogo sebagai drum, dan Pandu Fathoni sebagai bass kembali menyapa para penggemar mereka dengan beberapa album baru yang berjudul “Agterplaas” yang telah ada di bulan Maret ini.

Vira Talisa

Sebelum banyak orang yang menggandrungi musik indie lewat Youtube, Spotify, maupun Joox, Vira Talisa adalah salah seorang penyanyi yang sudah memiliki banyak fans melalui Soundcloud miliknya. Yang memang lagu-lagunya yang telah ia tulis dan dirinya nyanyikan sendiri. Kini, musisi indie ini pun namanya sudah mulai merambah pasar seluruh Indonesia. Meski Vira Talisa yang tak secepat Danilla Riyadi dalam perjalanannya di dalam dunia musik. Baru-baru ini, Vira yang juga telah merilis album pertamanya yang berjudul “Primavera”.

Reality Club

Band indie rock ini adalah sebuah band yang sudah dibentuk sejak tahun 2016 lalu. Band indie ini adalah sebuah band yang bisa dibilang namanya cukup dikenal karena memiliki seorang vokalis YouTuber yang namanya cukup terkenal di Indonesia yaitu Fathia Izzati. Namun, karya musik mereka yang memang harus diakui mempunyai sebuah kualitas.

Buktinya adalah, di dalam ajang Anugerah Musik Indonesia yaitu (AMI) Awards pada tahun 2018, lagu mereka pada saat itu berjudul Is It The Answer? Menjadi sebuah lagu yang ternyata masuk masuk ke dalam nominasi Pendatang Baru Terbaik dan juga nominasi Karya Produksi Alternatif Terbaik. Band-band seperti halnya The Strokes, Last Dinosaurs, dan juga Arctic Monkeys adalah beberapa band luar yang menjadi inspirasi mereka dalam bermusik.

Polka Wars

Mungkin untuk era kejayaan musik Indie Polka Wars muncul di saat yang tepat. Band indie rock ini yang terdiri dari empat personil yang sebelumnya mereka memainkan sebuah musik metal. Mereka adalah Karaeng Adjie yang memainkan vokal/gitar, Billy Saleh yang memainkan gitar, Xandega Tahajuansya memainkan bas dan Giovanni Rahmadeva sebagai drum.

Polka Wars kemudian menjelma menjadi sebuah band yang diperhitungkan di dalam ranah musik independen. Setelah Polka Wars merilis sebuah album perdana yang bertajuk Axis Mundi yang muncul pada tahun 2015. Pada tahun 2018 lalu, mereka yang kemudian merilis double-single yang berjudul “Rekam Jejak”/”Mapan” serta juga single”Mandiri”.

.Feast

Band indie yang juga mengusung sebuah aliran rock ini, adalah sebuah band yang didirikan oleh sekumpulan mahasiswa FISIP Universitas Indonesia. Yaitu pada tanggal 18 September 2017, mereka saat itu merilis sebuah album perdana yang berjudul Multiverses, menampilkan berbagai macam kolaborator termasuk juga dengan rapper Ramengvr, yang merupakan vokalis Elephant Kind Bam Mastro, penyanyi Oscar yaitu Lolang dan Haikal Azizi, produser Mardial juga masih banyak lagi.

Pada tanggal 13 Juli 2018, .Feast yang kemudian merilis single utama mereka yang berjudul “Peradaban”. Lalu, .Feast yang kemudian menggandeng seorang penyanyi elektronik yaitu Rayssa Dynta pada single kedua yang berjudul “Berita Kehilangan”. Single tersebut merupakan single yang dirilis pada tanggal 10 Agustus 2018. Kedua single tersebut kemudian dimuat dalam album kedua mereka yang bertajuk “Beberapa Orang Memaafkan”.

Album tersebut yang bercerita tentang hal-hal nyata tentang sebuah kasus kriminalisasi yang pernah terjadi di Indonesia namun hingga kini diabaikan, seperti kasus pemerkosaan, pemberontakan tanpa alasan, serta pelatihan dari bibit-bibit teroris. Lirik dari lagu-lagu .Feast yang syarat atas protes pemerintah, menjadikan band ini kemudian digandrungi oleh banyak orang.

Banda Neira

Meskipun duo musisi ini sudah bubar yaitu sejak tahun 2016, namun karya yang masih tetap menjadi favorit bagi para penikmat musik indie hingga saat ini. Berjalan Lebih Jauh adalah salah satu dari lagu mereka yang terbaik. Lagu ini yang memberikan pesan penyemangat dengan diiringi sebuah gitar akustik. Paduan warna seperti vokal Ananda Badudu dan juga Rara Sekar yang terdengar begitu catchy!

Itulah beberapa musisi asal Indonesia yang populer saat ini, karya-karya mereka membuat blantika musik indonesia lebih berwarna. Dengan genre yang mereka ambil, mereka juga memberikan warna baru di dunia musik Indonesia. Semoga musisi-musisi tersebut dapat terus berkarya, dan karyanya dapat dinikmati oleh semua orang bahkan sampai mancanegara. Sekian.